Jakarta (ANTARA News) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menargetkan mencetak satu juta pengusaha sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pada 2011.

"Target tersebut akan diupayakan melalui kegiatan-kegiatan pembiayaan oleh lembaga-lembaga jasa keuangan yang bersinergi dengan program partai," kata Ketua DPP PKS Bidang Pengembangan Ekonomi dan Kewirausahaan Jazuli Juwaen dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Sabtu.

PKS juga diminta mencermati program-program pembiayaan yang dimiliki pemerintah daerah maupun pusat sehingga bisa mengadvokasi konstituen PKS untuk mendapatkan dukungan pembiayaan usaha.

Jazuli meyakini target ini cukup signifikan untuk membantu rakyat Indonesia, seraya menunjuk data sementara pemerintah bahwa pengusaha sektor UMKM saat ini hanya 0,18 persen dari total populasi.

Sementara bila target 1 juta pengusaha UMKM yang dicanangkan PKS tembus, maka akan menyumbang sedikitnya 0,4 persen penduduk Indonesia yang semakin mandiri.

Untuk meraih target tersebut, PKS akan menyukseskan beberapa program, diantaranya pelatihan yang bersinergi dengan dunia usaha dan sektor pembiayaan, serta memfasilitasi forum-forum pertemuan dunia usaha UMKM di seluruh Indonesia.

"PKS turut membidani Asosiasi Jasa Keuangan Syariah atau AKSES yang akan diresmikan besok oleh Presiden DPP PKS," ujar Jazuli.

PKS, klaim Jazuli, teruji dalam membangun kegiatan ekonomi UMKM dalam berbagai kegiatan expo, bazar, dan perhelatan perdagangan yang masif dalam berbagai kegiatan. (*)

M041/Z002>sumber  ANTARA News